MENINGKATKAN GOTONG ROYONG DAN PEDULI LINGKUNGAN

Posted on April 9, 2012

0


Kiki Erlangga
Ketua CAMRY

 Ketua Communitas Anak Muda Rachmat Yasin (CAMRY) Kiki Erlangga saat ditemui BINA Persatuan di Pendopo  Bupati Bogor, Senin (27/2), mengatakan bahwa sebenarnya CAMRY itu sudah terbentuk sebelum Rachmat Yasin (RY) menjadi Bupati. Namun, eksistensi CAMRY semakin dioptimalkannya setelah RY menjadi Bupati Bogor.

“CAMRY dibuat untuk bekerja dulu baru membentuk. Artinya, kami mencoba meminimalisir kebutuhan-kebutuhan apresiasi masyarakat di mana CAMRY dibentuk.  Keberadaan CAMRY merupakan bagian yang tak terpisahkan dengan nama Rachmat Yasin itu sendiri. CARMY ingin ada dan ingin mewarnai di mana RY berada. Apakah RY sebagai Bupati Bogor, RY sebagai Ketua DPW PPP Jawa Barat, ataupun RY sebagai Wakil Ketua Umum Asosiasi Perangkat Kepala Daerah Indonesia. Artinya, CAMRY bisa bergerak kemana saja selama itu berhubungan dengan nama RY,” terang Kiki Erlangga.

Menurut Kiki, CAMRY akan terus melebarkan sayapnya ke berbagai daerah. Seiring dengan berjalannya waktu, sekarang ini banyak juga orang yang bersimpati kepada CAMRY dan siap membantu dalam setiap program-program CAMRY. “Sudah banyak kegiatan-kegiatan yang CAMRY lakukan untuk masyarakat sejalan dengan motto CAMRY yang selalu ingin meningkatkan gotong royong dan peduli lingkungan. Gotong royong dan kepedulian lingkungan itu harus terus ditingkatkan. Yang dimaksud kepedulian lingkungan itu teramat luas. Bisa bakti sosial, peringatan hari besar Islam, kegiatan olahraga, dan lain sebagainya,” urainya.

Sejauh ini, tambah Kiki, pihaknya tidak mempolitisir setiap kegiatan yang dilakukan oleh CAMRY sebagai bagian dari pada sebuah politik. “Mudah-mudahan ke depan CAMRY semakin mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat. Artinya, ada kemampuan saya untuk melakukan sesuatu. Sekali lagi saya tegaskan, bahwa saya tidak mengharapkan CAMRY itu menjadi partai politik, atau pun sayap partai. Insya Allah pada saat perhelatan partai CAMRY akan ikut juga berbuat,” katanya.

Setiap kegiatan yang dilakukan oleh CAMRY, tambah Kiki, tidak pernah mengharapkan RY untuk hadir. Kebanyakan yang terjadi adalah justru CAMRY yang lebih banyak ikut kegiatan-kegiatan RY. “Pada saat RY berangkat ke suatu daerah, selama kami mempunyai kemampuan pasti kami ikut. Minimal saat RY hadir di mana-mana ada bagian yang tidak bisa dipisahkan. Yaitu, bahwa ada CAMRY di berbagai daerah,” terangnya.

Maksudnya, menurut Kiki, CAMRY juga tidak mengacu kepada kegiatan RY semata, karena CAMRY pun bisa melakukannya secara sendiri. Misalnya, di Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, saat CAMRY melihat ada sekolah yang tidak memiliki bangku dan meja, CAMRY langsung memberikan bantuan bekerja sama dengan KNPI atau pun Anshor secara urunan untuk meringankan beban masyarakat tersebut.

Mengenai kepengurusan CAMRY diharapkan bisa terbentuk di berbagai daerah, tapi Kiki Erlangga tidak akan mempersoalkan siapa yang mau menjadi ketua dan sekretarisnya pada suatu daerah. “Karena sudah kami katakan bahwa kami ingin bekerja dulu. Kami melakukan sesuatu yang baik dulu untuk kepentingan masyarakat. Jika di kemudian hari mungkin saja CAMRY dianggap layak maka kami akan teruskan, tetapi jika CAMRY dianggap tidak layak maka kami akan hentikan. Apa yang sudah kami lakukan itulah yang dapat kami berikan. CAMRY tetap CAMRY dan Kiki tetap Kiki dengan segala keterbatasannya,” terangnya.

Berkaitan untuk pembentukan pengurus di tiap daerah, tambah Kiki, memang sudah menjadi keharusan. Tapi ini mudah-mudahan dijadikan contoh oleh lembaga-lembaga lain, bukan berarti juga mengecilkan lembaga yang lain. Artinya, dicontoh lebih baik bekerja dari pada tukcing alias dibentuk terus cicing.  “Kami bekerja dulu baru kami akan bentuk jika dianggap kami ini baik untuk menjadi bagian dari elemen masyarakat yang ingin ikut sama-sama meningkatkan tali silaturrahmi,” jelasnya.

Ketua CAMRY ini juga menambahkan, arti daripada silaturrahmi adalah kami datang, mereka mau, mari kita bergabung. “Saya juga tidak pernah mengatakan bahwa saya adalah Ketua CAMRY Jawa Barat, akan malah saya tengah mencari sosok atau figur siapa yang layak jadi Ketua CAMRY. Jadi saya membuat percontohan yang diharapkan ini bisa dimiliki oleh masyarakat, walaupun tidak secara utuh. Tapi jika mereka bersimpati dan mereka juga mau dan setuju dengan slogan CAMRY, mari kita sama-sama bekerja untuk meringankan beban masyarakat,” imbuhnya.

irvan/miel

Iklan
Posted in: PPP JAWA BARAT