PENDIDIKAN DAN BEROBAT GRATIS UNTUK WARGA JAKARTA

Posted on April 10, 2012

0


Pada acara peresmian Rumah Kerja Alex-Nono di Jalan Diponegoro Nomor 36, Jakarta Pusat, Rabu (28/3/2012) siang, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Alex Noerdin dan Nono Sampono, berkomitmen untuk menerapkan program berobat dan pendidikan gratis jika mereka nantinya terpilih. Tak tanggung-tanggung pasangan ini pun mematok target bahwa kedua program itu akan diberlakukan satu hari pasca pelantikan dilakukan.

Menurut Alex, dirinya berani mencanangkan program tersebut karena mengaku tersentuh melihat kehidupan penduduk marginal di DKI Jakarta. Alex sebelumnya melakukan kunjungan ke daerah Cakung, Jakarta Timur dan melakukan dialog dengan penduduk setempat. Dari kunjungan itulah Alex mengaku sadar bahwa kebanyakan masyarakat Jakarta sangat mendambakan pendidikan dan berobat murah.

“Saya kemarin berkunjung ke Cakung dan Penggilingan. Di sana saya baru sadar bahwa rakyat paling bawah sangat mendambakan dua hal. Pertama, pendidikan untuk anak mereka, kedua kesempatan berobat untuk kaum miskin,” ujar Alex.

Berbekal pengalaman saat menjadi Bupati Musi Banyuasin dimana Alex berhasil menerapkan pendidikan gratis dari jenjang SD hingga SMA sejak tahun 2002, untuk DKI Jakarta pun Alex merasa optimis bisa menerapkan program tersebut.

Pendidikan gratis juga direalisasikan Alex saat menjadi Gubernur Sumatera Selatan. Sejak tahun 2008 Alex juga berhasil menerapkan program pendidikan gratis di provinsi itu. Sementara untuk sektor kesehatan, Alex juga optimis bisa merealisasikan program biaya berobat gratis tersebut. Segala upaya untuk merealisasikan kedua program itu secepatnya pun sudah mulai dilakukan sejak sekarang.

“Saya lihat di DKI itu baru di tingkat SD ya, padahal ini adalah Ibu Kota. Kalau nanti saya kepilih, akan kami laksanakan. Sekolah gratis dan berobat gartis akan kami canangkan satu hari sejak dilantik,” ujar Alex.

Sedangkan pasangan Alex, Nono Sampono, sangat mendukung program yang dicanangkan Alex. Ia mengatakan bahwa pernyataan itu tidak asal dilontarkan Alex. Menurut Nono apa yang dikatakan Alex bukan basa basi janji politik, tetapi hal tesebut memang sudah dierealisasikannya. “Track record Pak Alex di Sumatera Selatan berhasil meraih rekor Muri soal realisasi janji tercepat dan penghargaan dari luar negeri, tentu saja saya merasa yakin itu bisa terealisasi,” ujar calon pendamping Alex Noerdin ini dengan bersemangat.

Nono mengatakan, janji Alex adalah janjinya juga. Apabila hal itu tidak terealisasi, dia pun siap mundur dari jabatannya. “Tidak hanya Pak Alex, tapi saya juga siap mundur kalau sampai janji kami tidak terealisasi,” kata Nono.

(dw)

Posted in: MENUJU DKI 1