YA AMPUN, SILA DALAM BUKU PAKET PANCASILA UNTUK SD SALAH

Posted on November 19, 2011

0


Sejumlah SD di Bantul akan segera mengembalikan buku Pancasila Negaraku, Bhinneka Tunggal Ika Semangatku terbitan Kementerian Pendidikan Nasional. Buku dari Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional mencantumkan satu sila yang menyimpang dari Pancasila yang selama ini dikenal masyarakat dan diajarkan secara resmi di sekolah-sekolah.

“Karena itu harus dicegah jangan sampai murid memahami Pancasila versi ini,” kata Kepala Sekolah SD Ringinharjo, Bantul, Suyitno, JUmat (18/11).

Menurut dia, buku yang diterbitkan Nobri Edumedia ini juga tidak dibagikan kepada siswa serta tidak boleh dibaca siswa.

“Setelah mendengar kabar tersebut, saya langsung ngecek ke buku yang dimaksud. Setelah saya baca dan saya amati, memang ternyata ada yang salah,” ujar Suyitno, ketika dikonfirmasi di ruang Perpustakaan SD Ringinharjo.

Sebelumnya, di Gunungkidul seluruh SD juga mengembalikan buku paket dari Kementerian Pendidikan Nasional itu ke dinas pendidikan pemuda dan olahraga setempat.

Lebih lanjut, Suyitno mengatakan buku ini merupakan merupakan satu di antara beberapa buku paket pendidikan karakter bangsa yang diterimanya pada 4 November lalu. Ada sekitar 12 buku karangan Valentina Rian Prastiwi itu. Semuanya memiliki kesalahan yang sama, yaitu pada Sila Keempat yang menghilangkan kata ‘kebijaksanaan’, sehingga sila keempat berbunyi, ‘Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat dalam permusyawaratan perwakilan’, di antaranya pada halaman 9, 10, 24, dan 82.

“Berkaitan dengan penemuan ini, kami akan berkoordinasi dengan UPT dan Dinas Pendidikan Dasar segera, ini kan bahaya untuk anak-anak. Untungnya, buku ini untuk perpustakaan. Jadi tidak akan saya serahkan dulu,” katanya. (AU/OL-10) MICOM

Posted in: HALLO INDONESIA