KITA PERLU CAPASITY BUILDING

Posted on November 17, 2011

0


Fernita Darwis

“Saya kira susunan personalia DPP PPP hasil Muktamar kemarin ini sudah sesuai dengan kebutuhan perkembangan politik saat ini dimana partai politik dituntut untuk lebih dinamis dan itu telah kita penuhi dengan banyaknya kader muda yang direkrut, baik di Pengurusan Harian maupun di Departemen dan Lembaga-Lembaga,” demikian disampaikan Ketua DPP PPP Ir. Hj. Fernita kepada BinaPersatuan, seusai mempin rapat dengan Departemen dan Lembaga terkait di Kantor DPP PPP. Dikatakannya bahwa kepengurusan DPP PPP hasil Muktamar VII yang lalu 80% adalah wajah baru yang sebagian besar adalah kader muda Partai. Dengan komposisi seperti itu, Fernita optimis PPP akan berjaya pada Pemilu 2014. “Saya juga mengapresiasi hasil Muktamar yang lalu karena telah memenhui keterwakilan perempuan dikepengurusan sebesar 31%,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, Fernita Darwis adalah salah seorang perempuan yang terpilih sebagai Ketua DPP PPP hasil Muktamar VII bulan  Juli lalu. Dalam pembidangan, Fernita bersama Qouyum, Wasekjend, membawahi Departemen Politik,  Departemen Pengembangan Potensi & Sinkronisasi Caleg, Departemen Pemenangan Pemilu Kada, Dartemen Pengelolaan Logistik dan yang ke lima Lembaga  Kajian dan Optimalisasi Sistem Pemilu. “Sebenarnya saya perlu 6 atau 7 Departemen yang ada di bawah saya,” ujarnya, karena menyadari tanggungjawab besar yang ada dipundaknya.

“Pekerjaan ini lumayan berat, karena menurut arahan Ketua Umum, semua kegiatan kita, baik keagamaan, ekonomi, social kemasyarakatan dan sebagainya, endingnya adalah bermauara kepada bagaimana memenangkan Pemilu 2014,” ujar perempuan yang selalu cekatan dan ramah ini.

Menurut Fernita, semua kader partai harus siap merelakan dirinya bekerja untuk Partai, baik waktu, tenaga dan pikirannya. “ Politik itu ‘kan investasi. Insvestasi waktu, investasi pikiran, investasi keuangan, investasi pertemanan dan banyak lagi. Karena ini bukan kerja yang langsung dibayar. Hasilnya, kalau memang dia sudah berkarya, berinovasi  untuk partai maka insya Allah dia akan menikmatinya kelak,” ujarnya seperti memberi semangat.

Lebih jauh Fernita mengatakan bahwa statemen Ketua Umum yang akan merekrut sebanyak 12 juta kader merupakan tantangan bagi semua fungsionaris PPP untuk mewujudkannya. Untuk itu, Fernita telah menyiapkan tiga (3) program unggulan. Pertama, mencetak apparatus Partai untuk Pemilu dan Pilkada, dan juga LO (Laiser Officer) yang beretugas menghubungkan antara kepentingan Partai dengan lembaga-lembaga yang terkait  dengan Pemilu. Lalu yang kedua adalah kita akan melaksanakan diskusi-diskusi, khususnya  yang terkait  dengan system  Pemilu. Ke tiga, kita akan membuat rencana strategi pemenangan Pemilu sampai tingkat bawah. Semua itu kita lakukan mulai sekarang, bukan hanya pada saat menjelang pemilu nanti. Untuk itu perlu peningkatan capacity building. Orang-orangnya kita cari melalui tokoh-tokoh kita menurut tingkatan dan kebutuhannya.

“Sekarang UU membolehkan orang parpol untuk duduk di KPU, jadi harus ada orangh kita disana. Kita juga harus punya kader yang berkualitas di semua jajaran, mulai dari tingkat RT, RW, Kelurahan, Kecamatan, Kota/Kabupaten dan seterusnya. Kalau tidak, akan rugi kita,” pungkasnya.

(fiq/BP)

Posted in: DPP PPP