RELAWAN ADVOKASI PPP JAKARTA TIMUR BANTU WARGA DALAM PEMBUATAN AKTE KELAHIRAN

Posted on Desember 14, 2011

4


Banyaknya masyarakat yang belum memiliki akte kelahiran dijakarta ini, kerena minimnya pengetahuan atau kurangnya kesadaran dari masyarakat tentang pentingnya akte kelahiran maupun karena terbentur biaya.

Atas dasar itulah  membuat adanya kepedulian para relawan yang tergabung dalam tim relawan advokasi akte kelahiran PPP Jakarta Timur yang diketuai oleh saudara Joni dan beberapa pendamping yaitu diantaranya Achmad yani dan Safari dan lainnya, untuk membantu masyarakat agar menjadi lebih mudah dalam proses membuat akte kelahiran.

Berdasarkan surat edaran Mendagri No.47.411/22/18 serta surat edaran dari Gubernur DKI Jakarta disebutkan bahwa setiap anak Indonesia yang terlahir harus dibuatkan akte kelahirannya. Akan tetapi dalam kenyataannya dilapangan masih terdapat kendala, oleh karena itu dengan adanya Tim Relawan Advokasi ini diharapkan masyarakat dapat terbantu. Tidak mengalami kendala dalam proses administrasinya sekalipun akte kelahiran itu sudah terlambat tidak dibuat. “Di dalam melakukan layanan ini kami tidak melihat tahun kelahiran, Kelahiran Tahun 1974-pun yang belum punya akte kelahiran bisa kami bantu untuk bisa diproses,” ujar Joni sebagai Ketua Tim Relawan Akte Kelahiran.

Untuk Kelengkapan pengurusan akte elahiran ini, si Pemohon harus menyerahkan surat keterangan akte nikah kedua orang tua, Foto Copy KK dan surat keterangan lahir dari Rumah Sakit ataupun Bidan. Ada yang terjadi ketika masyarakat meminta surat keterangan kelahiran dari bidan itu terkendala, Tim relawan advokasi ini sudah menyediakan format surat peryataan keterangan kelahiran.

Dikatakan Achmad Yani bahwa kegiatan ini didukung penuh oleh Bpk. Belly Bilalusalam selaku Ketua DPC PPP Jakarta Timur serta dalam rangka juga membantu Pemerintah, selain itu tim ini bekerja dalam upaya untuk memberikan penyadaran kepada masyarakat agar akte kelahiran ini dimiliki oleh setiap anak Indonesia karena akte kelahiran ini sangat penting dimiliki oleh seorang anak. “Kegiatan ini menjadi wujud bentuk pengabdian kami sebagai Pengurus Partai Persatuan Pembangunan untuk memberikan perhatian dan bantuan kepada masyarakat yang salah satunya adalah dengan kegiatan advokasi ini,” ujarnya.

rifai/legino jr

Posted in: AKTIVITAS, PPP DAERAH