POS BALITA SEHAT PPP

Posted on Desember 14, 2011

0


Sejak dirintis tahun 1983, hingga saat ini Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) membawa manfaat penting bagi rakyat. Walau sempat “mati suri” di awal tahun 2000, namun kini pemerintah berusaha mengampanyekan posyandu sebagai ujung tombak deteksi dini kesehatan rakyat, khususnya anak-anak.

Di Ibu Kota, revitalisasi Posyandu dilakukan sejak awal tahun 2006. Sejak itu jumlah posyandu yang aktif terus meningkat. Saat ini terdapat 350.000 posyandu, meski yang berfungsi baru sekitar 40 persennya.

Terkait dengan hal itu, Ketua DPP PPP Bidang Perempuan dan Anak, Dra Hj.Wardhatul Asriah mencanangkan Pos Balita Sehat sebagai salah satu program unggulan DPP PPP pasca Rapat Pleno I DPP PPP, sebagai lokasi yang pertama adalah di Kabupaten Bekasi dan akan berlanjut pada wilayah lainnya di Indonesia. (26/11/2011)

“Pos Balita Sehat merupakan program DPP PPP bidang pemberdayaan perempuan dan anak , dan untuk lokasi yang pertama di Kabupaten Bekasi. Pos Balita Sehat akan dilakukan juga didaerah lain sebanyak  25 lokasi.” Ujar isteri Ketua Umum DPP PPP, Drs H.Suryadharma Ali,Msi dalam sambutannya ketika mencanangkan secara resmi program Pos Balita Sehat.

“Dengan tidak mengurangi rasa bangga terhadap posyandu sebagai bagian dari program pemerintah, DPP PPP mengadakan pos balita sehat bertujuan ingin berpartisipasi bersama-sama pemerintah dalam rangka ikut memperhatikan kesehatan balita di Indonesia.” Imbuhnya.

Dalam sambutannya Bunda Wardhatul Asriah (Bunda Indah) sempat menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada pengurus harian DPC PPP Kabupaten Bekasi yang sudah memfasilitasi tempatnya untuk mendukung kegiatan pos balita sehat DPP PPP serta menghimbau adanya peran aktif dari kaum ibu untuk memeriksakan kesehatan balitanya.

“Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada jajaran pengurus DPC PPP kabupaten bekasi yang telah menyiapkan tempat dan berkoordinasi dengan dokter, bidan, lurah dan camat setempat. Saya juga berharap partisipasi aktif dari ibu-ibu untuk membawa anaknya ke pos balita sehat PPP ini setiap 2-3 bulan sekali dengan bantuan bidan dan dokter setempat. Sehingga perkembangan fisik anak balita dapat terpantau dengan baik.” Katanya.

Kemudian dikatakan olehnya perihal tujuan lain dari Pos Balita sehat yakni membantu/mempercepat program pemerintah yang juga merupakan program internasional yakni mengurangi/mencegah kematian ibu hamil, ibu menyusui dan balita.

Diakhir sambutannya, Bunda Indah mengutip pernyataan Ulama yang berbunyi: “Ibu adalah sekolah, yang apabila engkau persiapkan dia (anak), berarti engkau telah mempersiapkan suatu bangsa dengan dasar yang baik.”

Menurutnya dengan menjadikan balita sebagai anak yang kuat fisiknya, sehat mentalnya maka suatu generasi telah disiapkan menjadi penerus pembangunan Bangsa dan Negara Indonesia.

Di tempat yang sama, Dra. Hj. Wardhatun Naim isteri dari Drs. H. Irgan Chairul Mahfiz Ketua DPP PPP bidang OKK mengatakan setelah pencanangan pos balita sehat dibekasi, maka akan diteruskan dengan kegiatan yang sama yakni pencanangan pos balita sehat di wilayah Tangerang-Banten dimana ada 3 titik yang akan dicanangkan diwilayah tersebut.

Sementara itu ketika dikonfirmasi, H. Asep Jamaludin, SH Ketua DPC PPP Kabupaten Bekasi menuturkan dukungannya terhadap program pos balita sehat sebagai program unggulan dari DPP PPP bidang pemberdayaan perempuan dan anak. “Kami pengurus PPP di Kabupaten Bekasi mulai dari DPC, PAC dan RANTING se-Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat sangat mendukung program DPP PPP dalam kaitannya mengadakan program Pos Balita Sehat, terbukti seluruh pengurus kita libatkan dalam kegiatan ini.” Ujarnya.

H. Asep pun menyampaikan optimismenya terhadap program DPP PPP dalam upaya merekrut 12 juta kader dan memenangkan Pemilukada Kabupaten Bekasi. “Kami yakin dan percaya dengan program ini maka target DPP PPP dalam menjaring 12 juta kader akan dapat terpenuhi dan perlu diketahui secara bersamaan di Kabupaten Bekasi saat ini sedang menghadapi Pemilukada, mudah-mudahan kegiatan pos balita sehat yang dicanangkan DPP PPP turut membantu dalam upaya memenangkan Pemilukada di Kabupaten Bekasi ini.” Harapnya.

H. Kairan S.Pdi Bendahara DPC PPP Kabupaten Bekasi selaku Ketua Panitia Lokal Pos Balita Sehat mengatakan bahwa target yang hadir dalam kegiatan pos balita sehat di Bekasi telah tercapai, dan dijelaskan olehnya dengan kegiatan tersebut telah tercetak 10 kader perempuan yang sudah dilatih sehingga nantinya akan menindaklanjuti program pos balita sehat untuk ditempatkan di 5 kecamatan.

“Alhamdulillah saya bangga melihat antusiasnya ibu-ibu dan balita yang hadir dalam kegiatan pos balita sehat ini, target kami terlampaui yakni berdasarkan data absensi ternyata telah hadir lebih dari 400 balita yang otomatis di dampingi oleh lebih 400 ibu-ibu. Perlu diketahui acara hari ini Ibu Wardhatul Asriah telah mencetak 10 kader perempuan yang akan ditempatkan di 5 kecamatan.” Ujarnya.

“Dan saya berharap kegiatan pos balita sehat yang terdiri pemberian makanan bergizi, penimbangan balita, imunisasi, KB dan pemberian obat-obatan untuk ibu dan anak yang telah disiapkan oleh Puskesmas tidak berhenti disini, akan tetapi berkesinambungan di wilayah kecamatan-kecamatan lainnya. Suksesnya kegiatan ini tidak lepas dari peran pengurus partai dan Kepala Puskesmas Kecamatan Sukawangi, karena saya berkoordinasi juga dengan kepala desa dan camat setempat,” pungkasnya.

Alfaris/BP

Posted in: AKTIVITAS, DPP PPP