PROFESIONAL DALAM BERPARTAI

Untuk mencapai target perolehan suara, semua partai politik sekarang ini sibuk mengatur strategi untuk paling tidak memepertahankan suara yang diperoleh pada Pemilu lalu. Salah satu strategi yang diterapkan adalah  dengan merebut simpati pemilih pemula. Sayangnya, kebanyakan partai politik tidak bisa merawat pemilih pemula yang sudah menjadi konstituennya, mereka hanya dijadikan asset sesaat yang kemudian dilupakan! Tidak banyak partai politik yang melakukan kederisasi secara sistematis dan terprogram sesuai jenjangnya.

Menurut hemat penulis, ada persamaan antara menjalankan roda organisasi politik dengan dunia usaha profit, yakni keduanya harus sama-sama dikelola secara professional dengan tujuan untuk meraih kepercayaan masyarakat. Prinsip right man in the right place berlaku dimana saja, tidak terkecuali di dunia politik maupun dunia usaha. Setiap posisi harus dipegang oleh orang-orang yang benar-benar professional. Untuk itulah maka dibuat program kaderisasi atau up grading atau apapun namanya kepada fungsionaris/karyawan agar mereka memahami, menguasai dan mampu mengatasi persoalan-persoalan yang terjadi.

Demikian pula dalam hal kepemimpinan. Seorang pemimpin dalam sebuah partai politik bahkan harus mempunyai kapasitas dan integritas yang lebih kuat dari seorang manajer sebuah perusahaan, karena pemimpin partai politik memimpin organisasi para ‘pemimpin’ atau paling tidak ‘calon pemimpin’. Syarat lainnya yang tidak boleh diabaikan adalah seorang pemimpin haruslah  seorang pekerja keras dan  mempunyai loyalitas tinggi.

Jika semua aparatur  partai sudah berada dalam posisi right man in the right place, maka tugas marketing menjadi lebih mudah, terlebih bila produk/program yang ditawarkan adalah produk yang memang dibutuhkan masyarakat dan dikemas pula dengan baik. Dengan demikian target untuk meraih laba (perolehan suara) pada Pemilu dapat tercapai. Jika target sudah tercapai maka konstituen/konsumen harus tetap kita pelihara. Kita juga harus cermat mengikuti selera pasar atau kebutuhan/keinginan konstituen agar agar partai tetap eksis.

(BP)

Be the first to start a conversation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: