KADER PPP KEHILANGAN SPIRIT JUANGNYA

Posted on November 17, 2011

0


Acil Wahyudin

Sejak Tsanawiyah Acil Wahyudin sudah terlibat aktif di PPP sebagai Ketua Ranting Desa Caringin Kecamatan Caringin-Bogor. Saat itu banyak yang tidak berani menjadi ketua ranting tetapi tidak dengan Acil. Orang tua Acil yang kader NU dan simpatisan PPP yang mengenalkan dirinya pada partai Ka’bah sehingga sejak kecil ia sudah terbiasa dengan kegiatan PPP di Bogor.

Menyikapi kondisi internal PPP di Kabupaten Bogor sekarang ini setiap pengurus harus selalu kompak dan sehati agar PPP tidak tenggelam dalam percaturan politik di Kabupaten Bogor khususnya dan Indonesia pada umumnya. Demikian diungkapkan Ketua PAC PPP Kecamatan Caringin, Acil Wahyudin, kepada Media Bina Persatuan. Menurut Acil, begitu dia biasa disapa, segenap struktur pengurus PAC se Kabupaten Bogor memiliki tanggung jawab moral dalam mengembalikan kejayaan PPP di kota hujan ini. Karena itu soliditas pengurus harus tetap terjaga dan menempatkan kepentingan partai di atas kepentingan pragmatis lainnya.

“Perjuangan menggapai tujuan dan cita-cita partai harus dimulai dengan menumbuhkan kebersamaan di tingkat grassroot. Mustahil perjuangan akan efektif tanpa adanya soliditas yang kuat serta militansi kader di tingkat bawah. Dan saya bersama rekan-rekan PAC lainnya melihat PPP seakan-akan makin hilang sinarnya jika kita tidak melahirkan ide-ide kreatif dan cemerlang untuk memajukan partai,” ujar Acil.

Acara Safari Wisata PAC PPP se-Kabupaten Bogor yang bertempat di Pelabuhan Ratu Jawa Barat merupakan buah dari intensifnya pertemuan silaturahmi antarkader PPP. Acara Safari Wisata yang dimaksudkan untuk menggalang silaturahmi dan kebersamaan juga menjadi wadah konsolidasi serta penuangan gagasan langkah PPP ke depan. Biasanya dari kebersamaan seperti inilah ide-ide kreatif itu muncul.

“Dengan intensnya pertemuan diantara kami (PAC Se-Kabupaten Bogor), baik dalam acara formal dan non formal, maka tercetuslah ide untuk mengadakan kegiatan ini. Minimal diantara kita terjalin kebersamaan, karena dengan kita kompak, kuat dan sehati kami yakin apa yang menjadi cita-cita bersama yakni untuk memajukan PPP akan tercapai.” Imbuhnya.

Acil sebagai Ketua Panitia mengatakan jumlah peserta yang hadir pada acara “Safari Wisata PAC Se-Kabuapaten Bogor” dengan total 450 peserta terdiri atas 40 PAC mengirimkan 4 orang perwakilannya ditambah pengurus DPC, Fraksi dan undangan lainnya hingga berjumlah 210 orang dan selebihnya adalah delegasi dari beberapa DPC PPP di Provinsi Jawa Barat lainnya. Seperti dari Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Cimahi.

Menurut Acil ide awal dari acara tersebut adalah “TOURING”, digagaslah untuk membuat jaket dengan iuran partisipasi sebesar 100 ribu rupiah tiap peserta sebagai kelengkapan dan keseragaman saat berkendara motor. Setelah itu terkumpul 16 Juta rupiah dari total 40 PAC yang mengirimkan 4 orang tiap PAC.

Diakui olehnya, setelah terkumpulnya dana tersebut kemudian disampaikan kepada Ketua DPC PPP Kabupaten Bogor Hj. Ade munawaroh, SH. Yang kemudian mendapatkan respon positif sehingga pada akhirnya tidak ada kesulitan dalam mencari tambahan biaya karena DPC PPP Kabupaten Bogor dan seluruh Anggota Fraksi PPP DPRD Kabupaten Bogor termasuk Ketua DPW PPP Jawa-Barat H. Rahmat Yasin pun turut berpartisipasi sehingga acara dapat terselenggara dengan sukses.

Ketika ditanya perihal target yang ingin dicapai, Acil mengatakan ingin mengamankan PPP di Pemilukada Kabupaten 2013 dan Pemilu Legislatif 2014 nanti melalui konsolidasi ditingkat grassroot. Hingga PPP Kabupaten Bogor dan Jawa Barat menjadi partai pemenang. Ia pun merasa terbebani (moral) jika PPP tidak menang di Kabupaten Bogor terlebih dengan Ketua DPW PPP Jawa Barat saat ini berdomisili di Bogor.

Lebih jauh dikatakan Acil, ia merasa bangga dengan Ketua DPC nya karena selalu mensupport setiap kegiatan PAC. Ia pun mengungkapkan bukti sayangnya Ketua DPC terhadap ‘anak-anaknya’ ketika pelepasan acara di kantor DPC PPP Kabupaten Bogor. “Ibu terlihat berlinang air mata saat memberikan wejangan kepada kami, beliau tidak bisa mendampingi/mengikuti acara hingga ke Sukabumi karena besok sudah harus berangkat ibadah haji ke tanah suci.” Ungkapnya.

Selanjutnya, Acil tidak menampik bahwa pendeklarasian AMY Community sebagai langkah antisipasi untuk Pemilukada 2013. Menurutnya saat ini Kang Rahmat Yasin sebagai Ketua DPW PPP Jawa Barat dan juga Bupati Bogor sudah sangat layak untuk maju sebagai Kandidat Gubernur jawa Barat, sehingga dirinya bersama-sama dengan PAC lainnya ingin mempersiapkan Ketua DPC PPP Kabupaten Bogor yakni Ade Munawaroh Yanwar sebagai pengganti Kang Rahmat untuk maju sebagai calon Bupati Bogor.

Diakhir wawancara Acil berpesan agar PAC-PAC Se-Indonesia dapat menerapkan optimisme yang besar, didukung kemandirian dan rasa tanggung jawab serta keinginan bekerja keras untuk memajukan PPP. “Untuk teman-teman PAC khususnya di Jawa Barat dan seluruh Indonesia pada umumnya, mari sama-sama kita terapkan optimisme dan kemandirian juga rasa memiliki partai ini dengan bekerja keras dan penuh tanggung jawab untuk kejayaan PPP,” pungkasnya.

(Alf/BP)

Posted in: PPP DAERAH